Unknown
Ketika membaca berita tersebut, sebaiknya kalian
memperhatikan hal-hal sebagai berikut.
1. Pelafalan kata jelas.
2. Intonasinya tepat.
3. Penempatan jeda tepat.
4. Tekanan dan volume suara sesuai.
Sebelum membaca berita tersebut, sebaiknya beri tanda
sebagai berikut:
Tanda / ; (,) berhenti sebentar (jeda pendek)
Tanda // = (.) berhenti agak lama (jeda panjang)
Tanda = berlanjut pada baris berikutnya
Tanda tekanan naik
Tanda tekanan turun

Apakah kamu sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk dapat
membacakan berita dengan baik? Jika belum, cermati sekali lagi uraian sebelumnya!
Aktivitas pembelajaran yang harus kamu lakukan untuk menguasai kompetensi membacakan teks
berita adalah (1) memahami isi berita dan menandai berita yang akan dibacakan serta (2) membacakan
dan mengomentari pembacaan berita.

1. Memahami Isi Beritas dan Menandai Berita yang Akan Dibacakan
Bacalah berita yang telah kamu tulis pada kegiatan lalu (pada unit peristiwa)! Agar
berita yang dilisankan mudah dipahami oleh pendengar,
pembaca berita perlu memahami pemenggalan frasa
(satuan makna) dalam melisankan berita. Pemenggalan
dilakukan pada setiap satuan makna bukan per kata.
Amati contoh penandaan berikut!
Aksi anarkis sejumlah suporter Persebaya // telah merusak
citra sepak bola nasional#.
PSSI bersikap tegas dalam menghukum pelaku dan penanggung jawab kerusuhan// di
Stadion Gelora Sepuluh November/ Surabaya/ Senin lalu#.
Dari berita tersebut, tampak bahwa pemenggalan dalam melisankan berita tidak
per kata, tetapi per satuan makna. Dengan pemahaman satuan makna, bekerjalah secara
berkelompok untuk memberi tanda garis miring (/) per satuan makna pada keseluruhan
berita di atas! Dalam bahasa Indonesia dikenal tanda-tanda berikut.
Tanda Jeda
● Tanda satu garis miring (/) digunakan untuk jarak satu hembusan nafas (satu ketukan) atau
digunakan antarkata dalam frasa.
● Tanda dua baris (//) digunakan untuk tempo ucapan dua ketukan atau digunakan antarfrasa
dalam klausa.
● Tanda silang ganda (#) digunakan antarkalimat dalam wacana.


Referensi : (Laksono, Kisyani.2008.Contextual Teaching and Learning Bahasa Indonesia: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII Edisi 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal 109)
0 Responses

Posting Komentar